Senin, 09 Mei 2016

RADEN ANTAREJA

Raden Antareja 1 (karya Hok Gie)

Corekan by Hok Gie - Cilacap

CERITA :

Antareja (Anantareja) yang dalam pedalangan cukup dipanggil Anantareja, mempunyai nama lain Wasianantareja, Anantarareja. Ia adalah putra raden Werkudara dengan Dewi Nagagini, putri Batara Antaboga, di kahyangan Saptapretala. Antareja menikah dengan Dewi Ganggi, putri Prabu Ganggapranawa raja ular di kerajaan Tawingnarmada. Dari pernikahan ini lahirlah Arya Danurwenda yang kemudian diangkat menjadi patih luar atau patih njaba negara Yawastina pada masa pemerintahan Prabu parikesit.
Raden Antareja 2 (karya Hok Gie)


Antareja berkedudukan di kasatriyan Randuwatang atau juga disebut jangkarbumi. Bersamaan dengan lahirnya Antareja, raja negara jangkarbumi Prabu Nagabaginda menyerang kahyangan Suralaya. Ia meminta Dewi Supreti istri Sanghyang Antaboga untuk dijadikan permaisurinya, namun raja Tribuwana tidak berkenan, namun para dewa tak mampu melawan kesaktian prabu nagabaginda. Akhirnya Batara Antaboga yang ditunjuk supaya memusnahkan Prabu nagabaginda tadi, Antareja yang masih bayi akhirnya dibawa kakeknya menuju ke medan tempur dan dipertemukan dengan raja Jangkarbumi.

Raden Antareja 3 (karya Hok Gie)
Raden Antareja Wanda Naga - Hok Gie Collection 2019
Sebelum diadu, bayi Antareja dilumuri air liur Antaboga sehingga menjadi kebal senjata. Bayi Antareja tidak mati melainkan bertambah dewasa. Akhirnya Prabu nagabaginda dapat dibinasakan oleh Antareja, negara Jangkarbumi lalu diserahkan kepada putra Bima tersebut. Prabu Nagabaginda yang tewas itu kemudian menjilma ke tubuh Antareja. Peristiwa ini mengilhami Antareja ketika membantu adiknya. Arya Gatutkaca yang menuntut janji raja Tribuwana. Ketika Raden Gathotkaca dapat menumpas raja Gilingwesi Prabu Pracona

Tidak ada komentar:

Posting Komentar