Minggu, 08 Mei 2016

Kayon SHIVA LOKA BUANA



Kayon SHIVA LOKA BUANA (kreasi Hok Gie)
Corekan by Hok Gie - Cilacap
Finish 4 April 2015

PROFIL :
Belajar membuat kayon/ gunungan kreasi dengan memadukan unsur dari wayon wayang ukur dan unsur2 Bali ( seperti garuda Wisnu Kencana ) dan unsur Hindi ( Gambar ganesha dan Tulisan OM diatas gambar bumi ) serta sedikit menambahkan Unicorn dari budaya Yunani.
Kayon Shiva Loka Buana ini mempunyai filsafah/ arti yang sangat simple. Ganesha sendiri melambangkan Dewa Kepintaran dan pengetahuan serta wawasan yang luas.
Sedangkan Garuda Wisnu Kencana sendiri melambangkan dewa yang menjaga/ melindungi. Gambar Bumi sendiri adalah kehidupan kita yng terdiri dari daratan/ tanah dan Lautan/ Air. Untuk Unicorn sendiri melambangkan Angin/ Udara...yang memberi kehidupan. Dan yg terakhir adalah Lambang OM yg tertulis dengan huruf hindi yang berarti SHIVA dan ada pula yang mengartikan TUHAN.
Kesimpulan dari semua unsur diatas bisa kita gabungkan menjadi satu.
Kayon SHIVA LOKA BUANA adalah
1. Manusia hidup didunia telah diberi oleh TUHAN dengan unsur kehidupan seperti Api, Air Udara dan tanah yang kesemuanya sangatlah berguna bagi manusia yang wajib digunakan sebaik-baiknya dan disyukuri.

2. Manusia hidup di dunia ini telah diberi ilmu pengetahuan, akal pikiran dan kepintaran oleh TUHAN yang wajib digunakan dengan sebaik-baiknya terutama untuk kepentingansesama mahkluk hidup.

3. Dalam kehidupan ini manusia akan selalu di lindungi oleh TUHAN. maka dari itu kita sebagai manusia harus selalu ingat pada TUHAN.

dari kesimpulan 1,2 dan 3 bisa kita ringkas lah bahwa;
" Semua yang ada di dunia ini ada dan tiada nya atas kehendak TUHAN, Maka jangan lah kita sebagai manusia memiliki sifat Adigang, Adigung Adiguna karena di atas kita masih ada TUHAN. Eling Lan Waspada itu lah wajib jadi pedoman yang kita pegang untuk selalu ingat dengan TUHAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar